Youtube adalah salah satu media sosial yang diminati masyarakat dewasa ini. Dalam konteks pembelajaran, youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di tengah kondisi pandemic Covid-19. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar Pancasila sebagai dasar Negara. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan deskriptif. Explanatory research yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan suatu fenomena tertentu. Metode deskriptif bertujuan untuk melakukan pengujian gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti dan menarik kesimpulan berdasarkan penelitan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan, bahwa pemanfaatan youtube sebagai media ajar berperan positif secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Youtube juga memiliki peranan positif yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Youtube juga memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami materi Pancasila sebagai dasar Negara, sehinggan dapat memperoleh nilai yang maksimal dalam penilaian harian.
Copyrights © 2022