Metode penelitian menggunakan pendekatan library research, yaitu pendekatan kepustakaan dengan mengkaji buku, jurnal, dan sumber-sumber yang relavan. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif dari data yang telah dikomparasi dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan terakhir kesimpulan. Hasil dari penulisan ini adalah Al-Qur’an dan as-Sunnah merupakan sumber yang dijadikan materi pelajaran dalam pendidikan Islam. Rumusan materi pelajaran dijadikan acuan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam pendidikan Islam yaitu terciptanya suatu penyeimbangan pribadi para siswa dengan menyeluruh yang dilakukan melalui pelatihan-pelatihan seperti jiwa, intelektual, dan panca indera karena itu, materi pendidikan Islam hendaknya mencakup pengembangan seluruh aspek fitrah para siswa, aspek spiritual, intelektual, imajinasi, fisik, ilmiah dan bahasa, baik secara individual maupun kolektif serta mendorong semua aspek tersebut berkembang ke arah kebaikan dan kesempurnaan. Hadist-hadist dari Nabi Muhammad telah memberikan kita pembelajaran dalam hal materi pelajaran yang meliputi materi pendidikan Islam yaitu materi aqidah, akhlak, dan ibadah Maka sebagai hamba kita wajib belajar untuk menyeimbangkan berbagai kebutuhan dalam pendidikan sesuai dengan hadits yang di contohkan Rasulullah dan juga harus kita ajarkan mulai dasar terhadap anak didik kita. Sehingga kita dapat menjadi hamba yang sesuai dengan syariat dan selalu mencontoh perbuatan Nabi Muhammad SAW.
Copyrights © 2021