Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 1, No 1 (2021)

Hubungan Multimedia Audio Visual dengan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas Tinggi SDN 244 Pammana

Muhammad Irman (UNM)
Sitti Jauhar (UNM)
Awaluddin Muin (UNM)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Abstrak; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara multimedia audio visual dengan motivasi belajar IPS siswa kelas tinggi di SDN 244 Pammana. Variabel X dalam penelitian ini adalah Multimedia audio visual, sedangkan variabel Y adalah moivasi belajar IPS. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi SDN 244 Pammana berjumlah 55 siswa pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampel jenuh. Data hasil penelitian diperoleh dengan pengumpulan data melalui angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial.  Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata multimedia audio visual berada pada ketegori sangat baik dengan presentase sebesar 92,28%, sedangkan motivasi belajar IPS pada kategori sangat baik dengan presentase sebesar 91,02%. Berdasarkan hasil statistik inferensial mengunakan rumus pearson product moment yang hasilnya 0,631 dikategorikan kuat dan dikonvesikan dalam rumus determinan dengan tingkat korelasi diperoleh sebesar 61,3% dan untuk hasil Uji T apabila thitung ≥ ttabel  dengan signifikasi 5 %  yaitu 5,9214 ≥ 1,67412 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara multimedia audio visual dengan motivasi belajar siswa di SDN 244 Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...