Papua Journal Physics Education
Vol 1 No 2 (2020): Papua Journal of Physics Education (PJPE)

STRATEGI METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Fadlulloh, M (Unknown)
winarti, winarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Strategi metakognisi merupakan strategi  yang digunakan untuk mengajak siswa merencanakan, memantau dan merefleksikan seluruh aktivitas dalam menyelesaikan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi metakognisi terhadap kemampuan penalaran siswa pada materi suhu dan kalor, (2) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan strategi metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest control group design. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas strategi metakognisi serta variabel terikat adalah kemampuan penalaran siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pabedilan tahun ajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest kemampuan penalaran siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dan non parametrik yaitu uji t, uji Mann whitney, dan uji normalized gain (N-Gain).  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi metakognisi berpengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa pada materi suhu dan kalor berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa taraf signifikansi hasil perhitungan (sig. 2-tailed) sebesar 0,0002 dan taraf signifikansi (α) 0,05. Maka sesuai kriteria pengambilan keputusan uji hipotesis (sig. 2-tailed) < (α); Ha diterima dan Ho ditolak, (2) strategi metakognisi mampu meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi suhu dan kalor dengan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,40 (sedang) lebih besar dari N-Gain kelas kontrol sebesar 0,26 (rendah).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Papua Journal of Physics Education (PJPE) menerbitkan hasil penelitian tentang pendidikan fisika yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan pendidikan fisika, dan pembelajaran ...