Jurnal Sisfotek Global
Vol 11, No 1 (2021): JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Perancangan Game Edukasi Marbel Mengenal Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode t-Test

Fiqih Hana Saputri (STMIK Bina Sarana Global)
Syaipul Ramdhan (STMIK Bina Sarana Global)
Nurul Ainun Baktiar (STMIK Bina Sarana Global)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak dan berpengaruh juga pada materi pembelajaran serta cara penyampaian materi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Mempelajari dasar Alquran salah satunya dimulai dengan mempelajari huruf hijaiyah. Guru biasanya menyampaikan materi hanya ceramah atau bercakap-cakap, sehingga siswa sering merasa jenuh. Dalam menghafal huruf hijaiyah perlu metode yang menarik seperti game edukasi yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan metode selanjutnya menggunakan OOAD yang di gambarkan dengan UML. Hasil penelitian ini yaitu, game edukasi MARBEL (Mari Belajar) dan mengenal huruf hijaiyah yang dibuat menggunakan Construct 2 ini terdapat ada perbedaan secara signifikan dan efektif digunakan untuk anak TK.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sisfotek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Sisfotek Global is a peer-reviewed open access journal published twice a year (March and September), a scientific journal published by Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal Global Sisfotek aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ...