Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 15 No. 2 (2020): Oktober: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

KETERAMPILAN KOMUNIKASI DIADIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku, dimana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik, tetapi juga ada kemungkinan mengarah kepada tingkah laku yang lebih buruk. Peran guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting.Bagaimanapun hebatnya kemampuan teknologi, peran guru akan tetap diperlukan Dalam proses pembelajaran guru haruslah memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah komunikasi diadik, yaitu bentuk komunikasi yang terjadi antara dua individu baik yang sudah saling mengenal maupun yang belum saling mengenal. Proses komunikasi diadik memerlukan keterampilan dasar yang mencakup keterampilan bertanya dan membuka percakapan, keterampilan paraphrasing, keterampilan merefreksikan perasaan, dan keterampilan konfrontasi. Secara singkat disimpulkan bahwa komunikasi diadik adalah salah satu bentuk komunikasi yang melibatkan saling hubungan antara dua orang yang bersifat interdependensi antara satu dengan yang lainnya dalam proses komunikasi. Komunikasi didik merupakan titik sentral dalam hubungan interpersonal atau interaksi sosial

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...