PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 2 No. 2 (2017)

Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik

Pratiwi Oktaviani (Universitas Negeri Semarang)
Hartono Hartono (Universitas Negeri Semarang)
Patut Marwoto (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif merupakan salahsatu pendekatan pembelajaran yang mendukung kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuanmendeskripsikan karakteristik dan menganalisis multimedia interaktif bervisi SETS model PBL yang efektifmeningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan. Produk yang dikembangkan divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dandiimplementasikan. Subyek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran2016/2017.Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan terhadap perangkat pembelajaran 88,33% danmultimedia interaktif yang dikembangkan 79,37%. Tingkat keefektifan ditunjukkan adanya peningkatankemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan nilai N-gain mencapai 0,59 dengan kategori sedang.Keterampilan sosial peserta didik sebesar 84,50% dengan kriteria baik. Tingkat kepraktisan ditunjukkandengan respon guru dan peserta didik sangat positif terhadap produk yang dikembangkan. Simpulan daripenelitian ini, perangkat pembelajaran valid, efektif, dan praktis digunakan sebagai alat bantu model PBLserta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial pada kelas eksperimen.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...