Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan LKS Salingtemas berbasis ScienceEntrepreneurship terhadap keterampilan komunikasi ilmiah dan minat berwirausaha siswa. Jenis penelitianini yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan tekniksimple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E (kelas eksperimen) dan VII C (kelaskontrol) di SMP N 7 Magelang. Data diambil dengan metode tes (hasil belajar kognitif siswa), angket (minatberwirausaha siswa) dan observasi (keterampilan komunikasi ilmiah). Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa rata-rata keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas eksperimen pada setiap pertemuan mengalamipeningkatan dengan rata-rata peningkatan setiap indikator yaitu 24,58%. Minat berwirausaha kelaseksperimen mengalami peningkatan setiap pertemuan dengan rata-rata peningkatan setiap indikator sebesar19,53%. Hasil uji N-gain minat berwirausaha siswa kelas eksperimen masuk ke dalam kategori sedang yaitu0,469, sedangkan untuk kelas kontrol masuk ke dalam kategori rendah yaitu 0,150. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa LKS Salingtemas berbasis Science Entrepreneurship efektif meningkatkanketerampilan komunikasi ilmiah dan minat berwirausaha siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017