PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 3 No. 1 (2018)

Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik

Fajri Basam (Universitas Negeri Semarang)
Ani Rusilowati (Universitas Negeri Semarang)
Saiful Ridlo (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil kompetensi sains siswa dalam pembelajaran literasisains berpendekatan inkuiri saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan desain pretestposttest control group. Sampel penelitian ini sebanyak 86 orang dari 2 kelas masing-masing di SMPN 1Lilirilau dan MTs DDI Pattojo Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi selatan. Hasil analisis penelitianmenunjukkan bahwa kompentensi sains berdasarkan aspek PISA yaitu aspek penjelasan fenomena ilmiahmendapatkan rata-rata persentase tertinggi sebesar 81% dibandingkan kedua aspek lainnya yaitu identifikasiisu sains dengan rata-rata persentase sebesar 76% dan penggunaan fakta-fakta sains sebesar 71%. Sedangkanhasil analisis kompetensi sains berdasarkan aspek literasi sains, di antara keempat aspek, aspek batangtubung pengetahuan memperoleh rata-rata persentase tertinggi sebesar 80% dibandingkan ketiga aspeklainnya yaitu aspek cara menyelidiki sebesar 79%, cara berpikir sebesar 76%, dan interaksi antara SETSsebesar 78%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...