DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 01 (2021): DIKMAT April 2021

KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG DITINJAU DARI PERSEPSI GURU

Azra Fauzi (Pendidikan Matematika, STKIP Harapan Bima)
H. Haeriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi mengenai kesulitan siswa sekolah dasar kelas VI di SDN Dinoyo 1 Malang materi geometri bangun ruang ditinjau dari persepsi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjeknya yaitu guru kelas VI di SDN Dinoyo 1 Malang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara terkait pembelajaran geometri bangun ruang yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Langkah-langkah dalam menganalisis data yaitu menyusun data secara sistematis, menjabarkannya, memilih dan memilah data yang penting, kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa sekolah dasar kelas VI di SDN Dinoyo 1 Malang materi geometri bangun ruang ditinjau dari persepsi guru yaitu siswa kesulitan pada tahap perhitungan dalam menyelesaikan soal yang diberikan guru. Upaya-upaya yang dapat guru lakukan dalam mengatasi kesulitan siswa diantaranya memberikan motivasi belajar, memberi variasi metode mengajar, mempergunakan alat peraga, memberikan latihan yang cukup dan berulang serta memberikan program perbaikan atau remedial, dan menganalisis penyebabnya dan scaffolding

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...