Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Mulia Medan pada tahunpembelajaran 2016/2017. Khusus kelas VII, sekolah ini sudahmenggunakan Kurikulum 2013 Edisi Revisi sebagai acuan atau dasardalam menjalankan kegiatan pembelajaran Tujuan penelitian ini untukmendeskripsikan kesesuaian butir soal ujian semster ganjil kelas VII SMPdengan indikator, kesesuaian isi dan bahasa dengan kaidah penulisan soalesai dan mendeskripsikan tingkat kesukaran soal yang dibuat guru.Instrumen penelitian ini ialah tabel telaah soal dan kriteria tingkatkesukaran soal. Sumber data penelitian ini adalah soal ujian, lembarjawaban siswa dan kisi-kisi soal. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif dengan metode studi dokumentasi. Menghitung tingkatkesukaran soal menggunakan cara manual. Hasil dari pengolahan datadilihat dari aspek kesesuaian soal dengan indikator menunjukkan seluruhsoal sesuai dengan indikator, dari aspek isi materi, dan bahasa secarakeseluruhan sudah baik namun terdapat satu soal yang harus direvisi yaitusoal nomor 8, kata bahasa diubah menjadi kebahasaan. Kemudian hasilperhitungan data tingkat kesukaran soal menunjukkan soal dengankategori sukar berjumlah 2 soal atau 16,7% dari jumlah soal, kategorisedang berjumlah 3 soal atau 25% dan soal dengan kategori mudahberjumlah 7 soal atau 66,6%.Kata kunci: telaah soal, dan analisis tingkat kesukaran
Copyrights © 2018