Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan langkahlangkah konstruktivisme, inquiri, questioning, learning community,modeling, reflection, dan authenticassessment dalam pembelajaranmenulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli TahunPembelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui kemampuanmenulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli denganmenggunakan model kontekstual.Sumber data dalama penelitianini adalah rekaman dokumentasi penerapan kontekstual yangdilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsisiswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli.Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkualitatif.Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri(human instrument). Analisis data yang dilakukan peneliti dengancara menganalisis penerapan langkah-langkah yang terdapatdidalam model kontekstual yang telah diterapkan oleh guru dalampembelajaran menulis teks deskripsi siswa. Hasil analisis penelitimenunjukkan bahwa guru melakukan enam belas langkah daritujuh belas langkah yang terapat dalam model kontekstual dengannilai presentasi 94% dan nilai siwa dalam menulis teks deskripsiberdasarkan struktur dan ciri kebahasaan mencapai 79,93 yangtergolong kedalam katagori baik.Kata Kunci: Analisis, kontekstual, deskripsi.
Copyrights © 2018