Kode : Jurnal Bahasa
Vol 9, No 1 (2020): Edisi Januari

PERILAKU BENTUK NIRVERBAL GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU KABUPATEN DELISERDANG : KAJIAN MULTIMODAL.

Elsa Prangin-angin (Unknown)
Tengku Silvana Sinar (Unknown)
Tengku Thyrhaya Zein (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perilaku bentuk nirverbal guru dalam kegiatan pembelajaran. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang. Teori yang digunakan adalah Multimodal oleh Kress dan Leeuwen. Objek penelitian ini adalah guru  yang mengampu mata pelajaran Kimia. Dalam pengumpulan data digunakan data nirverbal berupa gambar, dibantu dengan teknik rekam, dengan metode simak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bentuk nirverbal yang digunakan guru di SMA N 1 Kutalimbaru ada tiga, yaitu  bentuk fasial, postural, gestural. Berdasarkan data yang telah dianalisis, diketahui bahwa perilaku bentuk nirverbal yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di SMA N 1 Kutalimbaru Kabupaten Deliserdang adalah bentuk fasial, gestural dan postural dan diketahui bahwa penggunaan komunikasi nirverbal sangat rendah dibandingkan penggunaan komunikasi verbal, yang disebabkan oleh kurangnya penguasaan materi bahan ajar oleh guru, sehingga kegiatan pembelajaran berkesan kaku, dan membosankan. Katakunci : multimodal, gestur, guru, pembelajaranPenelitian ini membahas tentang perilaku bentuk nirverbal guru dalam kegiatan pembelajaran. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang. Teori yang digunakan adalah Multimodal oleh Kress dan Leeuwen. Objek penelitian ini adalah guru  yang mengampu mata pelajaran Kimia. Dalam pengumpulan data digunakan data nirverbal berupa gambar, dibantu dengan teknik rekam, dengan metode simak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bentuk nirverbal yang digunakan guru di SMA N 1 Kutalimbaru ada tiga, yaitu  bentuk fasial, postural, gestural. Berdasarkan data yang telah dianalisis, diketahui bahwa perilaku bentuk nirverbal yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di SMA N 1 Kutalimbaru Kabupaten Deliserdang adalah bentuk fasial, gestural dan postural dan diketahui bahwa penggunaan komunikasi nirverbal sangat rendah dibandingkan penggunaan komunikasi verbal, yang disebabkan oleh kurangnya penguasaan materi bahan ajar oleh guru, sehingga kegiatan pembelajaran berkesan kaku, dan membosankan. Katakunci : multimodal, gestur, guru, pembelajaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...