Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental yang menggunakan pre-test dan post-test group design. Dengan tujuan mengetahui pengaruh implementasi permainan mission puzzle terhadap prestasiĀ dan motivasi belajar siswa kelas IV SDNĀ 02 Sila tahun ajaran 20017/2018. Populasi pada penelitian ini sebanyak 20 siswa, Instrumen pada penelitian ini validitas, veliabilitas, tingkat kesukaran, daya Beda, dan fungsi pengecoh. Untuk mengetahui prestasi belajar dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa menggunakan rumus product moment dan motivasi belajar siswa menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan Hasil uji-t diperoleh nilai t = 4,234 dan jika dikonsultasikan pada tabel dengan nilai t pada taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikansi 5% (db =41), didapat harga t=1,632. Jadi dapat dinyatakan bahwa t = 4,234 t = 1,632 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa permainan mission puzzle sebagai media pembelajaran berpengaruh dalam peningkatan prestasi (pengetahuan) sains (fisika) siswa kelas IV SDN 02 Sila tahun ajaran 2017/2018. Dari data angket diperoleh rata-rata 28,89% siswa berpendapat bahwa kemampuan mereka dalam mengingat dan memahami mata pelajaran IPA (butir 1 dan 2) sangat baik, 54,44% berpendapat baik, dan 15,56% berpendapat cukup, sehingga hal ini berpengaruh terhadap motivasi mereka dalam belajar IPA diperoleh 37,78% siswa berpendapat sangat baik, 35,56% baik, dan 24,44% cukup
Copyrights © 2020