JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PENGGUNAAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Al-falah, Yulis Malidar (Unknown)
Khadijah, Ifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

This study aims to determine the implementation of the student learning process and improve student writing skills in Indonesian language subjects before using the resitation method (assignment) and after using the resitation method (assignment) in each cycle in class V MI Terpadu PERSIS 24 Rancaekek Bandung Regency. Based on the analysis of the research that has been done that the use of the method of resitation (assignment) is well implemented. This can be seen from the results of increasing student activity in the pre-cycle is 56.25%, Cycle I is 75.91%, and Cycle II is 90.62%. Meanwhile, teacher activity in the pre-cycle was 68.75%, Cycle I was 84.31%, and Cycle II was 93.75%. The writing skills of grade V students in Indonesian language subjects have increased in each cycle. This can be seen from the pre-cycle which is 50% in the category (low), Cycle I is 81.25% in the category (good), and increased in Cycle II which is 100% in the category (very good). The total increase from Cycle I to Cycle II is 18.75%.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran siswa dan meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia sebelum menggunakan metode resitasi (penugasan) dan sesudah menggunakan metode resitasi (penugasan) pada setiap siklusnya di kelas V MI Terpadu PERSIS 24 Rancaekek Kabupaten Bandung. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penggunaan metode resitasi (penugasan) terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil meningkatnya aktivitas siswa pada pra siklus adalah 56,25%, Siklus I adalah 75,91%, dan Siklus II adalah 90,62%. Sementara itu aktivitas guru pada pra siklus adalah 68.75%, Siklus I adalah 84,31%, dan Siklus II adalah 93,75%. Keterampilan menulis siswa kelas V mata pelajaran Bahasa indonesia mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari pra siklus yaitu 50% dengan kategori (rendah), Siklus I yaitu 81,25% dengan kategori (baik), dan meningkat pada Siklus II yaitu 100% dengan kategori (sangat baik). Jumlah peningkatan dari Siklus I ke Siklus II adalah 18,75% 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...