COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 6 (2021): COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

Pemanfaatan Sandpaper Letter Hijaiyah’ Sebagai Media untuk Menghafal Huruf Hijaiyah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Amanah, Kota Surabaya

Husni Abdillah (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Kartika Metafisika (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Kendala dalam menghafal huruf hijaiyah pada kelas tilawati Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat menghambat proses pembelajaran Al-Qur’an hingga ke tahap berikutnya. Sandpaper letter merupakan media pembelajaran yang digunakan pada metode Montessori untuk pengenalan alfabet yang dapat digunakan sebagai media tambahan untuk pembelajaran Tilawati PAUD. Tujuan dari pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memudahkan Anak Usia Dini (AUD) menghafal huruf Hijaiyah. Berdasarkan hasil dampingan kepada pengajar dan 5 Anak Didik tilawati PAUD TPQ Amanah, kec. Gunung Anyar, kota Surabaya, didapatkan adanya kenaikan rata-rata huruf hijaiyah yang dapat dihafalkan anak selama 1 bulan. Hasil pengabdian kepada Masyarakat ini dapat menjadi referensi bagi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an lain yang ingin memudahkan AUD dalam menghafal huruf hijaiyah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...