COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Frozen Food selama Masa Pandemi COVID-19 di Kota Makassar

Aulia Kyntani (Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar)
Rahmawaty A. Nadja (Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar)
Mahyuddin (Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar)
Sitti Bulkis (Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar)
Rasyidah Bakri (Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar)
Muhammad Thamrin (Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Persediaan bahan pangan ditingkat rumah tangga mulai bergeser dari semua menggunakan bahan pangan segar beralih sebagian menjadi pangan beku. Perubahan tersebut disebabkan oleh perubahan gaya hidup. Selain itu kondisi pandemi saat ini juga menjadi salah satu alasan masyarakat mengkonsumsi frozen food. Tujuan kajian ini guna melihat tahapan pengambilan keputusan pembelian produk frozen food pada konsumen di Kota Makassar. serta mengetahui faktor yang mempengaruhinya dan juga melihat sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan atas produk frozen food di Kota Makassar. Analisis yang dipakai pada kajian ini yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan CSI. Hasil kajian ini, pada proses pengambilan keputusan pembelian produk frozen food di Kota Makassar terdiri atas lima tahap. Hasil analisis regresi linier berganda, didapati bahwa variabel pendidikan, pendapatan, keluarga, jarak, harga, rasa, kemasan, daya tahan, dan praktis berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian produk frozen food. Tetapi secara parsial, hanya variabel harga, kemasan, daya tahan, dan praktis yang berdampak besar atas pengambilan keputusan pembelian produk frozen food di Kota Makassar. Dan hasil perhitungan CSI, kepuasan pelanggan terhadap atribut produk frozen food yang di konsumsinya sebesar 81,94%, artinya konsumen merasa sangat puas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...