Jurnal Edu Research
Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Edu Research

Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Tipe Permainan Panah Soal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kepenuhan

Hamid Syahropi (Universitas Pasir Pengaraian)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain tipe permainan panah soal untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas di SMP Negeri 1 Kepenuhan. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain one-group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kepenuhan sebanyak 54 siswa yang terdiri dari dua kelas. sampel yang ditetapkan adalah kelas VII B sebanyak 28 siswa yang diambil secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar. Hal ini ditunjukan hasil yang diperoleh dari rata-rata persentase angket awal siswa 70,75% dan pada angket akhir menjadi 75,29%. berdasarkan hasil perhitungan korelasi yang telah diperoleh bahwa nilai rhitung= 0,998 sedangkan nilai rtabel sebesar 0,374. Dengan demikian rhitung lebih besar dari pada rtabel (rhitung > rtabel). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar fisika siswa setelah menggunakan metode pembelajaran bermain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edureseach

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang ...