cover
Contact Name
Annajmi
Contact Email
annajminajmi86@gmail.com
Phone
+6285207745513
Journal Mail Official
annajminajmi86@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai Kumu, Kec. Rambah Hilir Kab. Rokan Hulu
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
Jurnal Edu Research
ISSN : -     EISSN : 23378921     DOI : https://doi.org/10.30606/jer.v10i1
Core Subject : Education,
Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat bukan cerminan sikap dan/atau pandang redaksi. Seluruh isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 76 Documents
Analisis Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Angkatan I Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian Welven Aida
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.923 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.302

Abstract

The purpose of this study was to determine the basic skills of Micro Teaching for first year students in the Social Sciences study program FKIP UPP T.A 2018/2019. The basic components of micro teaching skill is the basic skill to students who are going to be a teacher. Micro teaching is a course to practice teaching in faculty of teacher training and education. This research was conducted in first year students in social studies education study programs.The methodology of this research is qualitative research. The researcher uses the teacher instrumentation assessments (IPKG 2). From the analysis, it can be concluded that the basic components of micro teaching skill in first year students in social studies education students of FKIP in Universitas Pasir Pengaraian is in good category or in 58,82 % .
Identifikasi Akuifer Disekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) Salak Di Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Shclumberger Ika Daruwati
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.217 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.316

Abstract

Telah dilakukan penelitian potensial air tanah di daerah Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo. Penelititian dilakukan dengan 24 titik pengukuran yang terbagi dalam 2 lintasan untuk mengetahui dugaan akuifer di daerah penelitian guna sebagai sumber air tambahan. Metode yang digunakan adalah metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi schlimberger. Metode ini di gunsksn untuk mengetahui karakteristik bawah permukaan yaitu untuk mengetahui kemungkinan adanya lapisan akuifer, umumnya yang di cari merupakan lapisan akuifer yang diapit oleh batuan kedap air. Hasil umumnya yang di cari merupakan lapisan akuifer yang berada pada dasar permukaan paling bawah. Untuk mendapatkan informasi ini dilakukan pengukuran geolistrik tahanan jenis Vertical Electrical Sounding (VES) konfigurasi Schlumberger. Penelitian ini dilakukan dengan 2 titik pengukuran. Data yang dihasilkan saat pengukuran diolah menggunakan software IPI2WIN dengan menghasilkan kurva matching 1D. Dari pengukuran dan interpretasi yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil yaitu potensi air tanah terletak pada kedalaman 2,51 – 7,94 m dengan nilai resistivitas 9,16 - 13 Ωm, dan karakteristik penyusun lapisan batuan adalah,air tanah, batu pasir bercampur kerikil, batu kapur, dan batu lava.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Dalam Menunjukkan Jumlah Yang Sama, Tidak Sama, Lebih Banyak Dan Lebih Sedikit Dari 2 Kumpulan Benda Melalui Kartu Angka Dan Benda-Benda Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu ASRAWATI
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.921 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.317

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kepada guru tentang Cara Pelakasanaan pembelajaran kegiatan Menunjukkan jumlah yang sama - tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit dari 2 kumpulan benda melalui kartu angka dan melalui benda .anak kelompok B TK, Negeri. Pembina Muara Musu Kec.Rambah Hilir Tahun 2017. Selanjutnya sebagai upaya meningkatkan keterampilan guru dalam upaya meningkatkan pemahaman anak dalam Menunjukkan jumlah yang sama - tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit dari 2kumpulan benda melalui kartu angka dan benda –benda anak kelompok B TK, Negeri. Pembina Muara Musu Kec.Rambah Hilir Tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 20 anak didik Kelompok TK B terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana telah dipaparkan pada bab IV diperoleh temuan sebagai berikut Menyusun bilangan jumlah yang sama - tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit dari 2 kumpulan benda melalui kartu angka dan benda-benda ,hal yang mesti kita kembangkan sebagai dasar pelajaran berhitung /mate mateka anak usia dini dengan tekhnik bermain kartu angka yang menarik perhatian anak dari warna dan ukuran yang indah dan benda-benda alam, biji-bijian yang menarik bagi anak sehingga anak belajar dalam suasana menyenangkan dan inilah factor keberhasilan PTK ini dengan KBM yang terinci. Berdasarkan pada penelitian maka penulis menyarankan salah satu referensi untuk para pembaca dalam menjalankan tugas selaku guru TK
Penerapan Strategi Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Siswa Kelas IV SDN 011 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau Sunardi
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.416 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi learning cycle. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 011 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan strategi learning cycle pada pelajaran PKn materi sistem pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN 011 Bonai Darussalam Tahun Ajaran 2015/2016.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Ekstensif, Membaca Intensif Dan Membaca Cepat Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau Muhammad Sahir
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.9 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.319

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah jarang terjadi interaksi multi arah, baik antara siswa dengan siswa maupun antara guru dengan siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka guru dituntut untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran, salah satu metode pembelajaran yang dapat di terapkan adalah model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu, subjek penelitian adalah siswa kelas IX dengan jumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri pada pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca ekstensif, membaca intensif dan membaca cepat pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Tahun Ajaran 2015/2016.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Question Study Have Kelas VI Pada Pembelajaran IPS Materi Globalisasi SD Negeri 008 Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2019/2020 Asni
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.59 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.320

Abstract

Ilmu pengetahuan sosial merupakan sebuah ilmu yang bertujuan untuk mendalami masalah sosial, ekonomi dan geografi. Tetapi kenyataannya dalam masih kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran ini. Hal ini terbukti ketika proses pengamatan .Hal yang sering dihadapi guru di SD Negri 008 Rambah Hilir, terutama dalam pembelajaran IPS adalah rendahnya aktivitas murid di dalam kelas dan pembelajaran terasa hanya satu arah tanpa umpan balik dari siswa. Dalam menegrjakan latihan ketika proses pembelajaran juga masih banyak yang salah.Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan prestasi anak adalah menggunakan metode question student have. Dengan penerapan metode ini kelas menjadi lebih hidup dan siswa menjadi lebih aktif dan melakukan tanya jawab dalam pembelajaran. Metode ini juga menanamkan karakter yang bertanggung jawab, jujur dan percaya diri siswa makin meningkat. Dalam metode ini siswa tidak terasa dipaksa untuk membuat satu pertanyaan dan dibacakan oleh temannya secara bergantian sampai selesai sesuai jumlah murid dalam satu kelas tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh positif penggunaan metode Question student have dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Globalisasi berdampak terhadap peningkatan nilai pada hasil ulangan harian pada siswa kelas VI SD Negeri 008 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini dapat terlihat dari hasil ulangan yang dilakukan dua siklus pembelajaran. Pada ulangan setelah siklus pertama hanya 60% siswa yang nilai sesuai KKM yang taaelah ditentukan. Pada ulangan harian setelah siklus dua dan dalam pembelajaran menggunakan menggunakan metode Question student have hampir dari seluruh jumlah murid (atau 92%) nilainya sudah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum
Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengajar Melalui Kegiatan Supervisi Dengan Teknik Kelompok Dan Kunjungan Kelas Di Sekolah Dasar Negeri 012 Tambusai Tahun Pelajaran 2019/2020 Azharuddin
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.233 KB)

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang ada di SDN 012 Tambusai Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu belum maksimal dilakukan supervisi dan masih banyak kendala atau persoalan yang berkaitan dengan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Partisipasi guru untuk di supervisi masih rendah, mereka beranggapan bahwa supervisi adalah pengawasan atau penilaian yang akhirnya kondite baginya, maka beberapa guru masih enggan untuk disupervisi. Rumusan masalah yang ditetapkan adalah Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja dengan pelaksanaan supervisi menggunakan Teknik Kelompok (Meeting) di SDN 012 Tambusai Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi kerja guru dan seberapa besar peningkatan prestasi kerja guru setelah dilaksanakan kegiatan supervisi dengan teknik kelompok oleh kepala sekolah di SDN 012 Tambusai Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Karya tulis ilmiah ini mengambil bentuk penelitian tindakan Sekolah (PTS). Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SDN 012 Tambusai Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu .pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian yaitu guru-guru I, II, III, IV, V dan VI di SDN 012 Tambusai Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu pada Tahun Pelajaran 2019/2020 Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data digunakan Metode Dokumentasi . Penilaian terhadap kreteria kualitas pelaksanaan proses belajar mengajar dari guru yang diamati dan diobservasi dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan prestasi kerja guru yang dinilai melalui 4 aspek penilaian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Hasil penilaian prestasi kerja guru pada aspek perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran pada kondisi awal, siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan proses pembelajaran dari 55,15 pada kondisi awal, 74,70 pada siklus pertama dan 95,61 pada siklus kedua. Adapun pada aspek pelaksanaan proses pembelajaran menunjukkan peningkatan dari dari 56,67 pada kondisi awal, 73,33 pada siklus pertama dan 95,00 pada siklus kedua, sedangkan pada aspek penilaian hasil belajar menunjukkan peningkatan dari 55,42 pada kondisi awal, 74,58 pada siklus pertama dan 95,83 pada siklus kedua dan pada aspek pengawasan proses pembelajaran dari 57,50 pada kondisi awal, 74,17 pada siklus pertama dan 94,17 pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah pelaksanaan supervisi dengan teknik dan pendekatan kelompok ditunjang dengan pelaksanaan supervisi kunjungan kelas terbukti mampu meningkatkan prestasi kerja guru-guru di SDN 012 Tambusai
Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran (Rpp) Di SD Negeri 002 Pendalian IV Koto Melalui Kegiatan Workshop Tahun Pelajaran 2018 / 2019 Baidah
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.433 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.322

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang ada di SDN 024 Rokon IV Koto Kecamatan Rokan IV koto Kabupaten Rokan Hulu belum maksimal dilakukan supervisi dan masih banyak kendala atau persoalan yang berkaitan dengan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Partisipasi guru untuk di supervisi masih rendah, mereka beranggapan bahwa supervisi adalah pengawasan atau penilaian yang akhirnya kondite baginya, maka beberapa guru masih enggan untuk disupervisi. Rumusan masalah yang ditetapkan adalah Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja dengan pelaksanaan supervisi menggunakan Teknik Kelompok (Meeting) di SDN 024 Rokon IV Koto Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi kerja guru dan seberapa besar peningkatan prestasi kerja guru setelah dilaksanakan kegiatan supervisi dengan teknik kelompok oleh kepala sekolah di SDN 024 Rokon IV Koto Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Karya tulis ilmiah ini mengambil bentuk penelitian tindakan Sekolah (PTS). Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SDN 024 Rokon IV Koto Kecamatan Rokan IV koto Kabupaten Rokan Hulu .pada Tahun Pelajaran 2018 / 2019 . Subyek penelitian yaitu guru-guru I, II, III, IV, V dan VI di SDN 024 Rokon IV Koto Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu pada Tahun Pelajaran 2018 / 2019 Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data digunakan Metode Dokumentasi . Penilaian terhadap kreteria kualitas pelaksanaan proses belajar mengajar dari guru yang diamati dan diobservasi dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan prestasi kerja guru yang dinilai melalui 4 aspek penilaian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Hasil penilaian prestasi kerja guru pada aspek perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran pada kondisi awal, siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan proses pembelajaran dari 55,15 pada kondisi awal, 74,70 pada siklus pertama dan 95,61 pada siklus kedua. Adapun pada aspek pelaksanaan proses pembelajaran menunjukkan peningkatan dari dari 56, 67 pada kondisi awal, 73,33 pada siklus pertama dan 95,00 pada siklus kedua, sedangkan pada aspek penilaian hasil belajar menunjukkan peningkatan dari 55,42 pada kondisi awal, 74,58 pada siklus pertama dan 95,83 pada siklus kedua dan pada aspek pengawasan proses pembelajaran dari 57,50 pada kondisi awal, 74,17 pada siklus pertama dan 94,17 pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah pelaksanaan supervisi dengan teknik dan pendekatan kelompok ditunjang dengan pelaksanaan supervisi kunjungan kelas terbukti mampu meningkatkan prestasi kerja guru-guru di SDN 024 Rokan IV Koto
Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengajar Melalui Kegiatan Supervisi Dengan Teknik Kelompok Dan Kunjungan Kelas Di Sekolah Dasar Negeri 009 Tahun Pelajaran 2019/2020 Ernita
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.909 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.323

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang ada di SDN rambah hilir Kecamatan Rambah hilir Kabupaten Rokan Hulu belum maksimal dilakukan supervisi dan masih banyak kendala atau persoalan yang berkaitan dengan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Partisipasi guru untuk di supervisi masih rendah, mereka beranggapan bahwa supervisi adalah pengawasan atau penilaian yang akhirnya kondite baginya, maka beberapa guru masih enggan untuk disupervisi. Rumusan masalah yang ditetapkan adalah Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja dengan pelaksanaan supervisi menggunakan Teknik Kelompok (Meeting) di SDN rambah Hilir Kecamatan Rambah hilir Kabupaten Rokan Hulu Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi kerja guru dan seberapa besar peningkatan prestasi kerja guru setelah dilaksanakan kegiatan supervisi dengan teknik kelompok oleh kepala sekolah di SDN rambah Hilir Kecamatan Rambah hilir Kabupaten Rokan Hulu. Karya tulis ilmiah ini mengambil bentuk penelitian tindakan Sekolah (PTS). Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SDN rambah Hilir Kecamatan Rambah hilir Kabupaten Rokan Hulu .pada Tahun Pelajaran 2019 / 2020 . Subyek penelitian yaitu guru-guru I, II, III, IV, V dan VI di SDN rambah Hilir Kecamatan Rambah hilir Kabupaten Rokan Hulu pada Tahun Pelajaran 2019 / 2020 Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data digunakan Metode Dokumentasi . Penilaian terhadap kreteria kualitas pelaksanaan proses belajar mengajar dari guru yang diamati dan diobservasi dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan prestasi kerja guru yang dinilai melalui 4 aspek penilaian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Hasil penilaian prestasi kerja guru pada aspek perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran pada kondisi awal, siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan proses pembelajaran dari 55,15 pada kondisi awal, 74,70 pada siklus pertama dan 95,61 pada siklus kedua. Adapun pada aspek pelaksanaan proses pembelajaran menunjukkan peningkatan dari dari 56,67 pada kondisi awal, 73,33 pada siklus pertama dan 95,00 pada siklus kedua, sedangkan pada aspek penilaian hasil belajar menunjukkan peningkatan dari 55,42 pada kondisi awal, 74,58 pada siklus pertama dan 95,83 pada siklus kedua dan pada aspek pengawasan proses pembelajaran dari 57,50 pada kondisi awal, 74,17 pada siklus pertama dan 94,17 pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah pelaksanaan supervisi dengan teknik dan pendekatan kelompok ditunjang dengan pelaksanaan supervisi kunjungan kelas terbukti mampu meningkatkan prestasi kerja guru-guru di SDN 009 Rambah Hilir
Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan PBM Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Kolaboratif Di SMP N 4 Kunto Darussalam Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 Masri
Jurnal Edu Research Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Edu Research
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.774 KB) | DOI: 10.30606/jer.v8i2.324

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan dan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM melalui pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif di SMPN 4 Kunto Darussalam Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 khususnya pada aspek pengelolaan kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Metode dan rancangan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan prosedur penelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988:10) yang mencakup kegiatan sebagai berikut : (1) perencanaan (planning) , (2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah guru di SMPN 4 Kunto Darussalam pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 8 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu Triangulasi yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan proses belajar mengajar (PBM), di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun pengelolaan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 49,50 dan hanya masuk dalam kategori KURANG, pada siklus I meningkat cukup signifikan dan terdapat 3 guru atau 37,50% yang dinyatakan mampu mengelola proses belajar mengajar (PBM) dengan baik, dengan peroleh nilai rata-rata secara klasikal sebesar 66,83 dan masuk dalam kriteria CUKUP dan pada siklus terakhir menjadi guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai secara klasikal sebesar 80,17 dalam kriteria nilai BAIK. Dari hasil penelitian sebagaimana dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif di Guru SMPN 4 Kunto Darussalam Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM.