Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar kimia Siswa Kelas X MIA3 SMA Negeri 1 Kepenuhan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan sampel 30 orang siswa. Hasil belajar kimia diketahui dari nilai ujian akhir setiap siklus, sedangkan aktivitas siswa diamati selama proses pembelajaran berlangsung yang meliputi kemampuan siswa menuliskan pendapat sendiri, bekerjasama dalam pasangan, mengajukan pendapat, berdiskusi dalam kelompok, dan bertanya kepada guru. Terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar kimia yang diikuti dengan peningkatan aktivitas belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kepenuhan TP 2018/2019. Peningkatan ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 72,50 sebelum siklus, 78,33 pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 84,17 pada siklus 2. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan 36,67% sebelum siklus, 63,33% pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 96,67%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi yaitu 85% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM (76). Dengan demikiaan Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar.
Copyrights © 2020