Jurnal Edu Research
Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Edu Research

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA TP. 2018/2019

Tumpuk Dariyatun (SMA N 1 Tandun)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tandun masih relatif rendah yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar yaitu sebesar 37,93%. Selain itu keterlibatan siswa selama pembelajaran pun masih terbilang rendah. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah dengan ceramah dan cara ini ternyata kurang efektif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Permasalahan yang ingin diungkap adalah apakah penggunaan model Discovery Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tandun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 1 SMA Negeri 1 Tandun, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tandun dan terbagi menjadi dua siklus, di mana pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 sebesar 68,28 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85,34. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 sebesar 48,28% dan menjadi 882,76% pada siklus 2. Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah penggunaan metode Discovery Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tandun, dan meningkatkan profesionalisme guru melalui Lesson Study.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edureseach

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang ...