Jurnal Edu Research
Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Edu Research

Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analisis

cicilia melinda (UPP)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir analisis dapat memberikan hasil dan prestasi yang baik bagi generasi bangsa dan negara. Proses pembelajaran harus disertai dengan strategi pembelajaran, yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa, terutama kemamuan berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir kritis analisis dan kreatif. Salah satu kemampuan berpikir yang akan dilatihkan analisis siswa yang meliputu orientasi, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Semua aspek tersebut memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis. Dengan adanya strategi belajar dan pembelajaran diharapkan proses belajar maupun pembelajaran IPS dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Kemampuan berpikir analisis dapat mempermudah individu dalam menyelesaikan permaslahan dan meningkatakan hasil belajar siswa. Seiring perkembangan teknologi dan zaman, hal tersebut juga menjadi motivasi agar pembelajaran IPS lebih bermakna dan terpakai dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edureseach

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang ...