Jurnal Edu Research
Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Edu Research

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMP

Lisa Dwi Afri (UIN Sumatera Utara Medan)
Widyastuti Widyastuti (UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Model-Eliciting Activities terhadap kemampuan representasi siswa SMP. Selain itu juga ditelaah peningkatan kemampuan representasi ditinjau dari kelompok siswa yaitu kelompok atas dan kelompok bawah. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan representasi matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 25 Bandarlampung dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif dari tujuh kelas yang ada. Analisis data dilakukan uji perbedaan rerata dua populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities pada kelompok atas maupun pada kelompok bawah secara statistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edureseach

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang ...