Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di kelas IV SDN 008 Kunto DarussalamPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana berjalannya proses pembelajaran, peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan dua siklus pembelajaran dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN008 Kecamatan Kunto Darussalam dengan jumlah siswa sebanyak 27 anak terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik memperpanjang masa observasi, pengamatan yang terus menerus, dan triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan portopolio dianalisis ke dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan proses pembelajaran PKn siswa kelas IV SDN 008 pada materi lembaga-lembaga negara. Hal ini dapat terlihat pada kegiatan siswa cukup bersemangat dalam belajar, seperti siswa belajar mandiri, berkomunikasi, mengemukakan pendapat dengan baik. Pemahaman belajar siswa dari kondisi awal hanya 10 siswa atau 28,57%, naik menjadi 25 siswa atau 71,43% pada siklus pertama, dan 94,29% atau 23 siswa pada siklus kedua, sedangkan hasil dan ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal hanya sebesar 59,14, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 64,86 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 73,71 dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa (25,71%) pada kondisi awal, 51,43% atau 18 siswa pada siklus pertama, 32 siswa atau 91,43% pada siklus kedua. Dari 35 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran 32 siswa atau 91,43% dinyatakan tuntas belajarnya dan tiga siswa (8,57%) belum tuntas belajarnya, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran terlah tercapai pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penerapan metode diskusi kelompok terbukti dapat meningkatkan proses pembelajaran, pemahaman dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas IV SDN 008 Tahun Pelajaran 2017/2018
Copyrights © 2019