Jurnal Edu Research
Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Edu Research

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 001 Tambusai Utara Tahun Pelajaran 2014/2015

RUBIATUN RUBIATUN (SMA N 001 Tambusai Utara Rokan Hulu)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Hasil belajar sisika siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Tambusai Utara, belum menunjukkan hasil yang maksimal. Terbukti hasil ulangan harian masih rendah, dari 26 siswa hanya 13 siswa (50%) yang mendapat nilai mencapai KKM yang ditetapkan yakni 70. Salaha satu rendahnya hasil belajar sisika, adalah sebagai besar (75%) siswa tidak dapat menjawab soal ulangan harian. Peneliti melakukan perbaikan pebelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Penelitian dilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrument data yang digunakan adalah test hasil belajar adan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model belajar akooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Tambusai Utara. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I ada 19 siswa (73,07) dan pada Siklus II meningkat menjadi 25 Siswa ( 96,15% ). Hal ini disebabkan Karen model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edureseach

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang ...