Penelitian tindakan kelas ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning ( PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi Perdagangan Internasional Semester Genap siswa Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Ujungbatu tahun pelajaran 2018/2019.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi Perdagangan Internasional Semester Genap di kelas IX.4 SMP Negeri I Ujungbatu tahun pelajaran 2018/2019.” Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi Perdagangan Internasional kelas IX.4 SMP negeri 1 Ujungbatu. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan adalah hasil ulangan harian Pra siklus dan hasil ulangan dari dua siklus yang dilakukan. Dari siklus 1 dan siklus II hasil pra siklus terlihat terjadi peningkatan dari 67,00 menjadi 77,83. Demikian juga hasil ulangan pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari 77,83 menjadi 85,83 maka secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) pada materi Perdagangan Internasional dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX.4 di SMP Negeri 1 Ujungbatu tahun pelajaran 2018/2019
Copyrights © 2021