Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Rambah Samo tahun pelajaran 2019/2020 khususnya materi pokok aljabar dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 2 Rambah Samo tahun ajaran 2019/2020. Dimana siswa di kelas VII A ini terdiri dari 33 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Rambah Samo. Hal ini ditunjukkan pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II dengan rata-rata jumlah adalah 2168, nilai rata-rata tertingginya 85 dan nilai rata-rata terendahnya 47,7 sedangkan rata-rata nilai kelas adalah 65,69. Pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II rata siswa yang tuntas ditunjukkan pada jumlah 16 dengan persentase 48,49% dan yang tidak tuntas adalah 17 dengan persentase 51,52%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II dengan rata-rata jumlah adalah 2529,5 nilai rata-rata tertingginya 93,5 dan nilai rata-rata terendahnya 55,5 sedangkan rata-rata nilai kelas adalah 75,29. Pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II rata siswa yang tuntas ditunjukkan pada jumlah 25 dengan persentase 77,26% dan yang tidak tuntas adalah 8 dengan persentase 22,73%.
Copyrights © 2021