Buku KIA merupakan buku yang berisi catatan kesehatan ibu dan anak yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui upaya mendeteksi secara dini adanya masalah kesehatan ibu dan anak. Kader diharuskan untuk membaca dan secara bertahap mempelajari buku KIA yang merupakan petunjuk nasional setelah mereka melakukan kegiatan Posyandu sebagai evaluasi atas apa yang telah mereka kerjakan. Terbatasnya informasi dan pelatihan kader yang kurang menyebabkan pengetahuan dan keterampilan kader tentang penggunaan buku KIA rendah. Tujuaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pelatihan dengan model pembelajraan kooperatif terhadap keterampilan kader dalam menggunakan buku KIA. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimental dengan rancangan (The One Group Pretest Posttest) dengan populasi 30 kader Posyandu sebagai sampel di wilayah kerja Puskesmas. Analisis data menggunakan Wilxocon Sign test, didapatkan p value (0,000) < 0,005. Hasil uji prasyarat parametrik untuk data keterampilan didapatkan data tidak berdistribusi normal, analisis data menggunakan wilcoxon, didapatkan hasil nilai p value 0,000 < 0,005 sehingga terdapat perbedaan yang bermakna keterampilan kader sebelum dan sesudah diberikan pelatihan dengan model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan kader posyandu dalam menggunakan buku KIA.
Copyrights © 2021