Indonesian Journal of Educational Development (IJED)
Vol. 2 No. 2 (2021): August 2021

Analisis pelaksanaan pendidikan jarak jauh pada pelajaran bahasa Inggris di Kalimantan Barat

Dwi Karmila (SMPN 1 Pontianak)
Yanti Sri Rezeki (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian analitik terhadap penerapan Pendidikan Jarak Jauh dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan jarak jauh dalam pembelajaran bahasa Inggris di Kalimantan Barat, dengan ketentuan, (1) apa saja kesulitan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh? (2) platform online apa yang menurut guru bahasa Inggris paling cocok untuk diterapkan dalam pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh ini?; dan (3) platform online apa yang menurut guru bahasa Inggris dapat diterapkan dalam Blended Learning?. Metode penelitian deskriptif ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online yang dilakukan dengan menggunakan platform google form untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh dalam pelajaran bahasa Inggris tahun 2020. Hasil kuesioner akan dijabarkan dalam bentuk data grafik tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform WhatsApp paling banyak digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh ini. Kendala yang paling banyak dihadapi guru adalah sinyal internet yang tidak stabil, kurangnya fasilitas, kesulitan keuangan, dan kurangnya kesadaran dan disiplin siswa untuk mengikuti pembelajaran online ini. Media online yang dianggap dapat digunakan untuk blended learning adalah Google Form dan YouTube. This research is an analytical study of the implementation of Distance Learning in English Language Learning in West Kalimantan. This study aims to analyze the implementation of distance education in English lessons in West Kalimantan, with the provisions, (1) what are the difficulties encountered by English teachers in implementing Distance Learning? (2) what online platform do English teachers think is the most suitable to be applied in the implementation of this Distance Education? and (3) what online platforms do English teachers think that can be applied in Blended Learning? The method of this descriptive research is qualitative. The data collection technique used in this study is an online questionnaire which is carried out using the google form platform to collect data about the implementation of Distance Education in English lessons in 2020. The results of the questionnaire will be described in the form of a data tabulation graph. The results showed that platform WhatsApp was the most widely used in this Distance Learning. The obstacles that most teachers had to deal with were an unstable internet signal, lack of facilities, financial difficulties, and lack of students ‘awareness and discipline to take part in this online learning. Online media that are considered to be used for blended learning are Google Form and YouTube

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijed

Publisher

Subject

Education

Description

The journal publishes research articles on the development of learning, measurement and evaluation of education, and management of ...