Jurnal Pariwisata Indonesia
Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Pariwisata Indonesia

Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Bar di Hotel ZZ

Deny Asmara (Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2008

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan kualitas pelayanan serta memaparkan penerapan SOP (Standard Operating Procedure) terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada bar Hotel ZZ. Bentuk dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan hasil studi dengan cara mempelajari, mengumpulkan data, dan menggambarkan obyek yang diteliti dengan metode analisis data deskriptif kualitatif menurut perbandingan data primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian langsung tentang kualitas pelayanan dengan respon terhadap penilaian kehadiran kerja, kehadiran briefing, mice en place, tanggung jawab, kelengkapan, kelancaran kerja, serta sikap ramah dan sopan, ketaatan terhadap pelaksanaan SOP diketahui berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan meminimalkan keluhan. Dari permasalahan dan hasil penelitian yang telah diuraikan, saran yang dapat penulis berikan kepada karyawan bar adalah SOP sebaiknya dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan, kedisiplinan selalu diterapkan dalam meningkatkan kerja karyawan bar, kualitas pelayanan harus selalu diutamakan bagi kepuasan para tamu sehingga dapat tercipta kelancaran kinerja yang profesional terhadap peningkatan kualitas pelayanan.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

JPI (Jurnal Pariwisata Indonesia) is an open access, peer-reviewed, multidisciplinary journal dedicated to publication in tourism research, with a focus on the application of tourism science to the Indonesian tourism industry. JPI maintains its contribution to scholarships in tourism science in ...