cover
Contact Name
Debby Fifiyanti
Contact Email
jurnal@stpsahidsurakarta.ac.id
Phone
+6282241538874
Journal Mail Official
jurnal@stpsahidsurakarta.ac.id
Editorial Address
Jalan Adisucipto No 154, Surakarta, Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pariwisata Indonesia
ISSN : 19072457     EISSN : 25812688     DOI : https://doi.org/10.53691/jpi.v17i1
JPI (Jurnal Pariwisata Indonesia) is an open access, peer-reviewed, multidisciplinary journal dedicated to publication in tourism research, with a focus on the application of tourism science to the Indonesian tourism industry. JPI maintains its contribution to scholarships in tourism science in Indonesia. JPI invites writings from various disciplines to contribute to literature on tourism science. JPI invites manuscripts in three main topics but is not limited to: Hospitality Each study focuses on the hospitality industry, including marketing management in the hospitality industry, restaurants, quality assurance, Policy and Regulation of Hospitality, Human Resources, and related topics in the hospitality industry (such as operational departments on hotel) Culinary Each study focuses on culinary development in tourism, innovation in the culinary business, Gastronomy, Herbs, Spices, Traditional Food, Cultural Food Studies, Food Product, Bakery and Pastry, Food Packaging and Product Development, Food Product Branding and Marketing, Education and Training, Nutrition of Food Product, Regulation and Policy Food and Product. Tourism Each study focuses on destination development, including Policy for Destination Planning, Tour Industry, accessibility, and Infrastruktur Destination, Ticketing on destination Policy, Destination marketing, tourist behavior, travel patterns, and related topics on destination development (such as Sustainable Tourism Development Low Carbon Destination, Halal tourism, Community-based Tourism, Nature-based Tourism, Creative Tourism, Social Media for Tourism Marketing, Smart Tourism)
Articles 143 Documents
Peranan Receiving Dalam Meningkatkan Kelancaran Operasional Barang di Hotel Sahid Kusuma Raya Agus Solikhin
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.997 KB)

Abstract

Peranan penerimaan barang sangat dibutuhkan karena dapat membantu dalam peningkatan kelancaran operasional barang. Disamping itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara kerja seorang Receiving dalam proses penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran barang di Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta. Dari penelitian ini akan diketahui apakah cara kerja yang dilakukan sudah sesuai dengan teori yang ada. Data penelitian peroleh dengan mengadakan observasi langsung pada bagian Receiving, Storing dan Issuing di Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta, wawancara dengan pihak-pihak yang terlibat dalam proses tersebut dan juga diperoleh dari kajian pustaka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa dalam penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran barang oleh bagian Receiving dan Storing di Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta sudah sesuai dengan dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan. Saran didalam menggunakan dokumen untuk penerimaan barang, penyimpanan dan pengeluaran barang khususnya didalam pencatatan keluar masuknya barang harus cermat, teliti agar tidak terjadi kekeliruan dalam tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Bar di Hotel ZZ Deny Asmara
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.43 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan kualitas pelayanan serta memaparkan penerapan SOP (Standard Operating Procedure) terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada bar Hotel ZZ. Bentuk dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan hasil studi dengan cara mempelajari, mengumpulkan data, dan menggambarkan obyek yang diteliti dengan metode analisis data deskriptif kualitatif menurut perbandingan data primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian langsung tentang kualitas pelayanan dengan respon terhadap penilaian kehadiran kerja, kehadiran briefing, mice en place, tanggung jawab, kelengkapan, kelancaran kerja, serta sikap ramah dan sopan, ketaatan terhadap pelaksanaan SOP diketahui berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan meminimalkan keluhan. Dari permasalahan dan hasil penelitian yang telah diuraikan, saran yang dapat penulis berikan kepada karyawan bar adalah SOP sebaiknya dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan, kedisiplinan selalu diterapkan dalam meningkatkan kerja karyawan bar, kualitas pelayanan harus selalu diutamakan bagi kepuasan para tamu sehingga dapat tercipta kelancaran kinerja yang profesional terhadap peningkatan kualitas pelayanan.
Dampak Perkembangan Operator Penerbangan Baru Terhadap Existensi PT. Garuda Indonesia District Surakarta Sunyoto; Joko Suyanto
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 4 No 1 (2008): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.63 KB)

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari perkembangan operator-operator penerbangan baru yang ada di Surakarta terhadap existensi (operasional) PT. Garuda Indonesia district Surakarta. Penelitian ini dilakukan di PT. Garuda Indonesia Cabang Surakarta, Riyadi Palace Hotel Jl. Slamet Riyadi No. 224 Solo, disamping itu juga dilakukan di PT. Gapura Angkasa Bandara Internasional Adisumarmo Solo. Persaingan antar operator tidak mungkin bisa dihindari lagi atau bahkan diremehkan keberadaaanya, apalagi dengan masuknya penerbangan dengan konsep LCC (Low Cost Carrier) di Solo sejak awal 2004 lalu. Munculnya konsep LCC tersebut pada dasarnya memang memberikan dampak yang cukup konkrit bagi operator penerbangan kawakan seperti Garuda Indonesia. Hal ini terbukti pada awal 2004 Garuda Indonesia mengalami penurunan jumlah penumpang hingga 20 % selama tiga bulan berturut-turut. Timbulnya dampak akibat persaingan sengit dari competitor, memaksa manajemen Garuda Indonesia untuk bergerak cepat menanggapi permasalahan tersebut. Sehingga pada akhirnya manajemen Garuda Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk memberikan variasi harga pada konsumen (Sub Classes Harga). Disamping kebijakan Sub Classes Harga, Garuda Indonesia juga memperhatikan kualitas pelayanan kepada konsumen
Peranan Profesionalisme Chef Dalam Meningkatkan Kualitas Produk di Restoran O - Solo - Mio Galleria And Ristorante Alip Suroto
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 4 No 2 (2009): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.84 KB)

Abstract

Dalam menghadapi perkembangan kepariwisataan, industri jasa terutama restoran perlu meningkatkan kualitas pelayanan yaitu O – Solo – Mio sebagai salah satu restoran Internasional di kota Surakarta. Kualitas makanan merupakan syarat mutlak untuk mencapai kepuasan tamu. Dalam operasional pengolahan makanan, profesionalisme memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan profesionalisme chef dalam meningkatkan kualitas produk restoran O – Solo – Mio Galleria and Ristorante melalui teknik memasak dan teknik menyajikan yang tepat untuk selanjutnya mengetahui sejauh mana penilaian tamu terhadap kualitas produk restoran. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner.
Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kemampuan Pemberian Kredit Pada Nasabah di PT. BPR Grogol Joyo Sukoharjo Agus Solikhin
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 5 No 1 (2009): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.654 KB)

Abstract

Dengan kemajuan jaman sekarang ini sektor riil yang berasal dari bank sangat dibutuhkan masyarakat luas sebagai pembiayaan usaha-usaha mereka. Kepercayaan masyarakat sangat diperlukan karena bisnis perbankan menjalankan fungsi untuk menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat serta memberikan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran yang mempertemukan kelompok masyarakat yang kelebihan dana dengan kelompok masyarakat yang kekurangan dana. Untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat diperlukan keterbukaan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Oleh karena itu, lembaga perbankan wajib mempublikasikan neraca dan laporan rugi laba di media massa dengan berdasarkan ketentuan yang berlaku.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan bank dalam memberikan pinjaman kepada nasabah. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. BPR Grogol Joyo Tahun 2007 yang berupa neraca dan laporan laba rugi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari data-data yang telah disediakan perusahaan serta data sekunder dari buku-buku yang mendukung penelitian ini. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling atau judgment sampling karena sampel yang digunakan dalam penelitian ini representative untuk mewakili populasi yang ada. Metode analisa adalah analisa komparatif dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisa cash ratio, loan to deposit ratio, return on asset.PT. BPR Grogol Joyo mempunyai kemampuan dalam memberikan kredit kepada nasabah. Hal ini terlihat dari cash ratio yang dimiliki PT. BPR Grogol Joyo selama tahun2007 lebih besar dari ketentuan batas minimal yang harus ditentukan yaitu 4,05%, ratio loan to deposit ratio tahun 2007 yang lebih kecil dari ketentuan batas maksimal yaitu94,75%, return on asset tahun 2007 lebih besar dari 1,215% dan mengalami peningkatan dalam menghasilkan laba setiap periodenya.
Menciptakan Suasana Sejuk Dan Menyenangkan di Lingkungan Perusahaan Agus Solikhin
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 5 No 2 (2010): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.058 KB)

Abstract

Suasana yang tidak kondusif sangat mempengaruhi kinerja karyawan, yang akan berakibat pada produktivitas. Sikap karyawan yang suka melontarkan isu-isu tak bertanggung jawab juga akan menyebabkan suasana tidak menyenangkan. Yang paling menentukan suasana dalam perusahaan adalah para pimpinannya. Bila pimpinan terbiasa emosional maka anak buahnya akan terpengaruh dan ikut-ikutan emosional. Kejujuran mempunyai banyak dimensi dan bidang. Dalam kontek setia kita pada perusahaan, kejujuran disini saya batasi dalam hal paling utama, yaitu uang dan harta benda. Karena kalau semua dibahas, hasilnya akan sangat melebar kemana-mana, dan jawabannya juga sangat relatif. Sikap mental adalah konsepsi perilaku jiwa seseorang dalam bereaksi atas dasar situasi yang mempengaruhi. Pelatihan berarti membantu orang memperoleh ketrampilan yang dihubungkan dengan kerja, ketrampilan yang membuat karyawan lebih produktif dalam kerjanya atau menyiapkan mereka untuk pekerjaan yang lebih sulit. Mempunyai rasa memiliki kata-kata ini sering diucapkan oleh pimpinan perusahaan, tanpa tahu bagaimana cara menumbuhkan rasa memiliki perusahaan, padahal kita sebagai karyawan sama sekali tidak memiliki saham perusahaan tempat kita bekerja. Ingat, the most difficult thing is the simplest one. Jadi konsep 5 P ini kelihatannya sederhana dan mudah, tetapi ternyata membutuhkan semangat dan tekad yang kuat dalam melaksanakannya. Dan saya akan katakan bahwa ujung-ujungnya, good attitude makes value. Sikap mental positif akan menghasilkan uang.
Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Melia Purosani Yogyakarta Titik Akiriningsih; Christhian
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 6 No 1 (2010): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.432 KB)

Abstract

Di negara-negara maju, kesehatan dan keselamatan kerja selalu menjadi isu penting. Aturan-aturan tentang kesehatan dan keselamatan kerja tersebut telah dimasukkan ke dalam undang-undang ataupun aturan-aturan yang mengikat. Hal yang berbeda terjadi di negara-negara berkembang. Di negara berkembang, isu kesehatan dan keselamatan kerja nampaknya masih menjadi hal yang kurang diperhatikan. Walaupun Indonesia telah memiliki Undang-Undang nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Undang-Undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, namun pelaksanaannya belum menjadi prioritas yang kadang-kadang diabaikan oleh perusahaan maupun pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh faktor uniform, safety shoes, chemical, pemberian asuransi, produktivitas, etos kerja, kepuasan kerja, kerjasama, kesejahteraan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Hotel Melia Purosani Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, studi pustaka, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan sistem analisis SPSS. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan masing-masing variabel dalam penelitian ini termasuk dalam kategori baik atau tinggi. Hasil uji regresi memperoleh nilai R menunjukkan hubungan antara masing-masing variabel independen secara simultan dengan kinerja karyawan yakni sebesar 0,982 dan nilai R square (R2) sebesar 0,965. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan masing-masing variabel mampu menjelaskan perubahan kinerja karyawan sebesar 96,5% dan sisanya yakni 3,5% kinerja karyawan dijelaskan oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji F diketahui nilai signfikansi uji F sebesar 0,000 < 0,05 berarti bahwa model yang menjelaskan pengaruh antara variabel uniform, safety shoes, chemical, asuransi, produktivitas, etos kerja, kepuasan kerja, kerjasama, kesejahteraan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan ini diterima (fit).
Analisa Fakta Dominant Dalam Pelayanan Tamu VIP di Hotel Novotel Solo Sumarman; Rini Purwaningsih
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 6 No 2 (2011): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.539 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri-ciri pelayanan yang diterapkan karyawan dalam melayani tamu VIP di Hotel Novotel Solo dilihat dari dimensi pelayanan prima (A6: Attitude, Attenttion, Action, Ability, Appearance, Accountability) dan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang diberikan kepada tamu VIP di Hotel Novotel Solo memberikan kepuasan atau tidak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan melalui pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Novotel Solo. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yang berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan sistem analisis SPSS versi 19.0 dan diperoleh kesimpulan bahwa menerapkan dimensi pelayanan prima A6, yaitu ability, attitude, appearance, attention, action, and accountability dengan tujuan untuk mencapai kepuasan tamu. Berdasarkan hasil uji validitas kuesioner adalah valid dan dapat digunakan dalam pengujian karena memiliki nilai r hitung > r tabel 0,2144. Hasil uji reliabilitas menunjukkan Cronbach Alpha sebesar 0,750 yang artinya sangat reliabel atau dapat dipercaya. Hasil untuk uji Kolmogorov-Smirnov memiliki nilai Sig. 0,786 di mana ketentuan untuk uji ini adalah nilai Sig. > 0,05. Uji normalitas dengan Skewness-Kurtosis dapat dikatakan berdistribusi normal jika nilai statistic Skewness/Std. Error Skewness dan nilai statistic Kurtosis/Std. Error Kurtosis berada di antara -2 dan 2 dan semua variabel berdistribusi normal. Uji homogenitas memiliki ketentuan jika nilai Sig. > 0,05 maka sampel tersebut berasal dari varian yang sama (homogen) dan ada sampel yang tidak homogen. Uji korelasi parsial berkorelasi jika nilai Sig. < 0,05. Hasil uji nilai Sig. dari semua komponen variabel < 0,05. Uji regresi liner ganda didapat nilai R sebesar 0,698 artinya hubungan antara variabel X dan Y adalah kuat. Kepuasan tamu merupakan hasil dari diterapkannya pelayanan prima oleh karyawan di Hotel Novotel Solo.
Optimalisasi Peran Public Area Attendant Terhadap Tingkat Produktivitas Kerja Pada Housekeping Department di Hotel Santika Premier Semarang Sugiman; Dwi Maryanto
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 7 No 1 (2011): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.356 KB)

Abstract

Penulis melakukan penelitian ini (1) Untuk mengetahui sejauh mana faktor tanggung jawab berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja, (2) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kerja sama antar housekeeping department berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja, (3) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kemampuan kerja berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja, (4) Untuk mengetahui sejauh mana faktor disiplin kerja berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja pelayanan Public Area Attendant di Hotel Santika Premiere Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah Public Area Attendant Hotel Santika Premiere Semarang. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan sampel bertujuan (purposive sampling) yang berjumlah 15 orang Public Area Attendant Hotel Santika Premiere Semarang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyebutkan bahwa semakin baik Public Area Attendant semakin baik tingkat kepuasan tamu hotel. Berdasarkan kuesioner penelitian, sebanyak 100% responden menjawab ya, tentang tanggung jawab karyawan atau trainee selalu baik, sebanyak 93% responden menjawab ya, tentang kerja sama antar karyawan terhadap tingkat produktivitas kerja, sebanyak 66,6% responden menjawab ya, tentang kemampuan kerja terhadap tingkat produktivitas kerja, 66,6% responden menjawab ya, tentang disiplin kerja terhadap tingkat produktivitas kerja, 53,3 % responden menjawab ya, tentang luas area yang dikerjakan terhadap tingkat produktivitas kerja, 40 % reponden menjawab ya, tentang hasil kerja terhadap tingkat produktivitas kerja. Kesimpulan penelitian ini bahwa peran dari Public Area Attendant berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja di Housekeeping Department Hotel Santika Premiere melalui peningkatan tanggung jawab, kerja sama antar karyawan Public Area Attendant, kemampuan kerja dan disiplin kerja.
Analisis Tema Dalam Artikel Majalah Pariwisata: Garuda “Masks, Malang’s Traditional Icon” dan Terjemahannya Titik Akriningsih
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 8 No 2 (2013): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.264 KB)

Abstract

Systemic Functional Linguistics (SFL), as pioneered by Halliday, has gained a significant position among other theories in linguistics. This theory views language as a social semiotic resource utilized to accomplish people’s purposes by expressing meanings in context. This paper attempts to discuss theme in an English text translated into Indonesian and the shift of it. The source text in this study is an article entitled Masks, Malang New Icon which appears on a tourism magazine, and the target text is the Indonesian version of the article which appears on the same magazine. All languages the clausa has the character of a message. That’s why the clausa is organized as a message by having a special status assigned to one part of it. The special status is called theme. Every text has its own characteristic of theme to organize message. There are many themes appears on both the article being analyzed. The use of certain theme becomes the writer’s reason and strategy to express social process.

Page 1 of 15 | Total Record : 143