Jurnal Pariwisata Indonesia
Vol 7 No 1 (2011): Jurnal Pariwisata Indonesia

Kinerja Bellboy Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Hotel Golden View Batam

Sunyoto Sunyoto (Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta)
C.J.P Manopo (Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2011

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja bellboy dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Hotel Golden View Batam. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data dengan metode kualitatif disajikan secara deskriptif. Bellboy mempunyai peran penting dalam melayani tamu yang tergantung pada kemampuan kerja, disiplin kerja, tanggung jawab kerja, dan kerjasama karyawan. Untuk mengetahui kinerja pelayanan bellboy dapat diketahui melalui tanggapan supervisor selaku atasan yang menilai kinerja bellboy dan kepada tamu yang telah menerima kinerja bellboy di Hotel Golden View Batam. Hasil tanggapan supervisor terhadap kemampuan kerja bellboy adalah baik (2 responden 100%), terhadap disiplin kerja bellboy adalah cukup baik (2 responden 100%), terhadap tanggung jawab kerja bellboy adalah baik (2 responden 100%), dan terhadap kerjasama antar karyawan adalah baik (2 responden 100%). Hasil tanggapan tamu melalui wawancara sebanyak 5 responden adalah: tanggapan tamu terhadap kemampuan kerja bellboy adalah baik (3 responden 60%), cukup baik (2 responden 40%), terhadap disiplin kerja bellboy adalah baik (4 responden 80%), cukup baik (1 responden 20%), terhadap tanggung jawab kerja bellboy adalah baik (3 responden 60%), cukup baik (1 responden 20%), tidak baik (1 responden 20%), dan terhadap kerjasama antar karyawan adalah baik (5 responden 100%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tanggapan supervisor terhadap kinerja bellboy yang meliputi kemampuan kerja adalah baik, disiplin kerja adalah cukup baik, tanggung jawab kerja adalah baik dan kerjasama antar karyawan adalah baik. Dan tanggapan tamu terhadap kinerja yang diberikan meliputi kemampuan kerja, disiplin kerja, tanggung jawab kerja dan kerjasama antar karyawan adalah baik.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

JPI (Jurnal Pariwisata Indonesia) is an open access, peer-reviewed, multidisciplinary journal dedicated to publication in tourism research, with a focus on the application of tourism science to the Indonesian tourism industry. JPI maintains its contribution to scholarships in tourism science in ...