Jurnal Pariwisata Indonesia
Vol 6 No 2 (2011): Jurnal Pariwisata Indonesia

Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Miki Tour And Travel Cabang Kota Solo

Budi Purnomo (Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta)
Y Susanto (Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2011

Abstract

  Terdapat 5 dimensi kualitas jasa yaitu tangible, empathy, responsiveness, reliability dan assurance. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode accidental sampling sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri atas tangible ( ), empathy ( ), responsiveness ( ), reliability ( ), dan assurance ( ) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif. Dimana persamaan regresi Y= 4,721 + 0,207  + (-0,394)  + 0,182  + 0,222  + 0,350 . Selain itu, dengan uji simultan (F) dilihat bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 atau 0%. Namun berdasarkan uji parsial (T), semua variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi untuk tangible sebesar 0,001 atau 0,1%; empathy sebesar 0,000  atau 0%; responsiveness 0,049 atau 0,49%; reliability sebesar 0,003 atau 0,3%; assurance sebesar 0,000 atau 0%. Dari hasil perhitungan ini dapat diambil suatu kesimpulan menunjukan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri dari tangible, responsiveness, reliability dan assurance berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen di Miki Tour and Travel Cabang Kota Solo kecuali variabel empathy dengan hasil uji T sebesar -7,259. Dari hasil perhitungan variabel assurance merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen di Miki Tour and Travel Cabang Kota Solo dengan hasil uji T sebesar 6,576.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

JPI (Jurnal Pariwisata Indonesia) is an open access, peer-reviewed, multidisciplinary journal dedicated to publication in tourism research, with a focus on the application of tourism science to the Indonesian tourism industry. JPI maintains its contribution to scholarships in tourism science in ...