Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI

Adi Pranoto (Unknown)
Buchori Asyik (Unknown)
Rahma Kurnia Sri Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2016

Abstract

This research aimed to find out the difference and the effect of contextual teaching and learning model on learning result in geography subject at XI IPS SMA Negeri 6 Bandar Lampung school year 2014/2015. This research used quasi experiment method which was the method that compare learning result with a treatment to the object. The subjects of this result were students of second grade of social class 1 and social class 3 which consisted of 64 students. Data collecting technique of this research weretest and data analysis used were t-test and effect size. The result of this research showed that there is a significant difference of learning result in the class which was given by the conventional model of teaching learning, where the experiment class is higher than control class. There is an effect of contextual teaching and learning model on learning result in geography subject.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan danpengaruh model pembelajaran kontekstualterhadap hasil belajar pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMA Negeri 6Bandar Lampungtahun ajaran 2014/2015.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semuyaitu metode yang membandingkan hasil belajar dengan pemberian perlakuan pada suatu objek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 sebanyak 64 siswa.Pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data yang digunakan adalah uji t dan efek size.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar pada kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran kontekstual dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional, dimana kelas eksperimen lebih tinggi rata-rata hasil belajarnya dari kelas kontrol. Ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.Kata kunci: hasil belajar, geografi, model pembelajaran kontekstual

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...