Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GUIDED INQUIRI TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL PESERTA DIDIK

Hasani, La (Unknown)
Suriana, Suriana (Unknown)
Muzuni, Muzuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui : 1) Perbedaan efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan model Inkuiri Terbimbing terhadap pengetahuan faktual peserta didik pada materi perubahan lingkungan; 2) Perbedaan efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan model Inkuiri Terbimbing terhadap pengetahuan konseptual peserta didik pada materi perubahan lingkungan; 3) Perbedaan efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan model Inkuiri Terbimbing terhadap pengetahuan prosedural peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Jenis penelitian berupa penelitian quasi eksperimen, dengan pre test dan post test only control grup design. Analisis data yang digunakan yakni uji t-independent terhadap nilai N-gain hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tidak ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Inkuiri Terbimbing pada dimensi pengetahuan faktual; 2) Ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada dimensi pengetahuan konseptual; 3) Ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Inkuiri Terbimbing pada dimensi pengetahuan prosedural. Selain itu, analisis deskriptif menunjukkan bahwa indeks N-gain peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan model Inkuiri Terbimbing.Kata Kunci: model Problem Based Learning (PBL), Inkuiri Terbimbing, pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural langsung.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...