Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES THREE TIER MULTIPLE CHOICE (TIGA TINGKAT) UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA TINGKAT SMP

Martianingsih, Nuning (Unknown)
Jamili, Jamili (Unknown)
Harimu, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengembangkan instrument tes three tier multiple choice (tiga tingkat) yang valid untuk mengukur pemahaman konsep dan miskonsepsi siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D). Populasi penelitian pada tahap implementasi adalah siswa SMP Negeri 4 Kendari dan SMP Kartika XX-6 Kendari dengan jumlah 249 siswa. Pengambilam sampel  menggunakan purposive sampling yaitu dengan mempertimbangkan ketentuan agar diperolehnya hasil yang baik. Pertimbangan yang dimaksud yakni pengoperasian dalam evaluasi instrument tes three tier multiple choice (tiga tingkat) untuk mengidentifikasi pemahaman konsep pada materi sistem peredaran darah manusia yang dilaksanakan secara online, sehingga sampel yang digunakan adalah siswa yang mempunyai fasilitas untuk pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai validitas konstruk sebesar 0,85, 2) nilai validitas isi sebesar 0,79 (5) nilai validitas bahasa sebesar 0,91 (3) persentasi hasil validasi ahli sebesar 87,1% dengan kategori sangat baik (4) indeks reliabilitas sebesar 0,95 dengan kriteria sangat tinggi (6) indeks tingkat kesukaran soal terdapat 1 soal kategori mudah, 33 soal kategori sedang dan 1 soal kategori sukar (6) kriteria daya pembeda kategori baik sekali sebanyak 4 soal, kategori baik sebanyak 20 soal, kategori cukup sebanyak 5 soal dan kategori jelek 6 soal. (7) persentasi secara keseluruhan siswa yang memahami konsep sebesar 27% dan siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 55%. Kata Kunci: pengembangan, instrumen tes three tier multiple choice (tiga tingkat), sistem peredaran darah manusia

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...