Abstrak:Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasionalyang bertujuan mendeskripsikan kontribusi kompetensi pedagogik dan profesional guru baik secara parsial maupun secara simultan pada daya serap peserta didik dalam ujian nasional ipa. Guru IPA dan peserta didik pada sekolah penyelenggara ujian nasional berjumlah 40 sekolah di Kota Kendari ditetapkan sebagai populasi penelitian dan28 sekolah diantaranya sebagai sampel penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial, kompetensi pedagogik guru IPA memberikan kontribusi sebesar 5,1% sampai 24,6% dan kompetensi profesional guru IPA memberikan kontribusi sebesar 7,2% sampai 34,3%; dan secara simultan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru IPA memberikan kontribusi sebesar 12,9% sampai 36,8% pada daya serap peserta didik dalam ujian nasional IPA. Temuan penelitian ini memberikan sumbangsih tentangperlunya upaya peningkatan kompetensi guru dengan strategi yang sesuai dengan sejumlahfaktor yang berpengaruh untuk meningkatkan hasil ujian nasional peserta didik. Kata kunci:kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, ujian nasional, daya serap.
Copyrights © 0000