Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGETAHUAN KONSEP IPA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VIII SMPN DI KOTA KENDARI

Sumaili, La Ode (Unknown)
Jahidin, Jahidin (Unknown)
Jamili, Jamili (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah  untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan pengetahuan konsep IPA dalam pembelajaran daring pada peserta didik SMPN Kelas VIII di Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan mixed method. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 4274 peserta didik SMPN kelas VIII di Kota Kendari. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik proportional random sampling yaitu semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel sesuai dengan proporsinya. Besarnya jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel penelitian 366 orang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner penelitian yang dibuat di google form berupa angket motivasi belajar dan tes pengetahuan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat motivasi belajar selama pembelajaran daring pada peserta didik berada pada tingkat tinggi yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 79,93; 2) tingkat pengetahuan konsep IPA selama pembelajaran daring pada peserta didik berada pada tingkat rendah yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pengetahuan konsep sebesar 46,55; 3) tidak ada hubungan antara motivasi belajar dan pengatahuan konsep dalam pembelajaran daring pada peserta didik yang dibuktikan dengan  nilai signifikansi sebesar 0.384 > α = 0,05. Artinya bahwa motivasi belajar bukan penentu meningkatnya pengetahuan konsep peserta didik selama pembelajaran daring. Kata Kunci: pembelajaran dalam jaringan, motivasi belajar, pengetahuan konsep

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...