Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Tingkat pemahaman konsep IPA siswa dalam setiap pokok bahasan pada materi ujian nasional; 2) Pokok bahasan mana yang dianggap sulit dan mudah dipahami oleh siswa pada materi ujian nasional. Jenis penelitian berupa penelitian kualitatif dengan memberikan analisis deskriptif tentang data yang sudah ada untuk menjawab permasalah yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persentase siswa yang menjawab benar untuk setiap materi ujian nasional tahun 2013/2014 – 2017/2018 di Kabupaten Muna secara umum lebih baik dibandingkan dengan nilai skala nasional ; 2) Tingkat penguasaan kompetensi dasar soal ujian nasional siswa di Kabupaten Muna dari tahun 2014-2018 mengalami penurunan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat pemahaman konsep IPA peserta ujian nasional SMP di Kabupaten Muna mengalami penurunan dari tahun 2014-2018; 2) Pokok bahasan yang dianggap sulit oleh siswa dalam ujian nasional tahun 2014 adalah tata surya, tahun 2015-2018 materi mekanika, tata surya, gelombang, listrik, dan magnet; 3) Pokok bahasan yang dianggap mudah oleh siswa dalam ujian nasional tahun 2014 adalah fisika: alat ukur, tahun 2015 materi fisika: pengukuran dan mekanika, tahun 2016-2018 materi makhluk hidup dan lingkungannya.Kata Kunci: penguasaan konsep, ujian nasional, IPA SMP, Kabupaten Muna
Copyrights © 0000