Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode blended learning berbasis schoology terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Singaparna. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 di SMA Negeri 1 Singaparna. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna sebanyak 8 kelas yang terdiri dari 280 peseerta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi Ekosistem. Teknik pengelolaan data dan analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasaran hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode blended learning berbasis schoology terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Singaparna.
Copyrights © 2019