Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan strategi REACT. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan Juni 2019 di SMA Negeri 10 Tasikmlaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN Negeri 10 Tasikmalaya sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan pemecahan masalah yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem reproduksi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT).
Copyrights © 2019