Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peer learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019 sampai dengan bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan populasi seluruh kelas XI IPA SMA, sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 70 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik prosedur sampling jenuh yaitu kelas XI IPA 1 yang dijadikan kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berjumlah 35 butir soal yang berbentuk pilihan ganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji t deskriptif dengan taraf signifikan (α) = 5%.Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data, menunjukan terdapat pengaruh metode peer learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Tahun Ajaran 2018/2019.
Copyrights © 2019