Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar peserta didik pada materi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dan desain penelitiannya menggunakan nonequivalent control group design dalam bentuk pretest - posttest, dengan populasi kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di salah satu Kabupaten Tasikmalaya, sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 157 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu satu kelas untuk kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes pilihan majemuk berjumlah 30 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf nyata α 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
Copyrights © 2019