Proses pembelajaran biologi dirasa belum mencapai hasil yang memuaskan sesuai dengan tuntunan pembelajaran abad 21, dan kurangnya kesadaran peserta didik dalam proses ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan proses sains peserta didik melalui pembelajaran problem based learning pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Juli 2019. Metode penelitian menggunakan quasi experimental dan desain penelitian ini menggunakan pretest dan posttest contol grup design, dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA Negeri di kabupaten Tasikmalaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 215 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk uraian pada materi perubahan lingkungan yang berjumlah 18 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan proses sains peserta didik melalui pembelajaran problem based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri di kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2019