Efektifitas dan efisiensi penggunaan media digital perlu disesuaikan dengan proses belajar mengajar agar dapat mengembangkan cara belajar peserta didik. Perlu dirancang model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik, sehingga mampu meningkatkan keterampilan dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi digital dan hasil belajar peserta didik pada sub materi sistem indera di kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Agustus 2019. Metode penelitian menggunakan true eksperimental dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 179 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan literasi digital menggunakan kuesioner sebanyak 23 pernyataan dan tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada sub materi sistem indera sebanyak 35 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analyze of covarience) dengan probabilitas atau taraf signifikan sebesar (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi digital dan hasil belajar peserta didik pada submateri sistem indera di kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya.
Copyrights © 2019