Pendidikan pada abad 21 berorientasi terhadap kemajuan teknologi, literasi sains serta keterampilan proses sains merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui korelasi antara literasi sains dan keterampilan proses sains dengan hasil belajar peserta didik pada materi metabolisme pada kelas XII MIPA di SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020–September 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XII MIPA 1 sampai XII MIPA 7. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 7. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes Literasi sains yang diadopsi dari (Gormally, 2012) dan tes keterampilan proses sains yang diadopsi dari (KEMENDIKBUD, 2013). Data hasil belajar diperoleh dari data sekunder guru mata pelajaran biologi berupa skor ulangan harian pada materi metabolisme. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat dan uji korelasi multivariat untuk uji hipotesis menggunakan softwere SPSS versi 26 for windows. Berdasarkan hasil analisis penelitian menyimpulkan terdapat korelasi antara literasi sains dengan hasil belajar kategori sedang, dan berkontribusi sebesar 31%. Kemudian terdapat korelasi antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar kategori sedang, dan berkontribusi sebesar 32%. Terdapat korelasi antara literasi sains, dan keterampilan proses sains dengan hasil belajar kategori kuat dan berkontribusi sebesar 50,5% yang sisanya merupakan variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara literasi sains dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2021