Jurnal Pijar MIPA
Vol. 15 No. 2 (2020): Maret

Penerapan Model Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Self Efficacy (Keyakinan Diri) Dan Hasil Belajar Peserta Didik

Rasmiwetti Rasmiwetti (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau Indonesia)
Ega Fahreni (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau Indonesia)
Jimmi Copriady (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran eliciting activities dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di kelas XI SMAN 15 Pekanbaru. Penelitian merupakan jenis penelitian quasi exsperiment menggunakan rancangan randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN 15 Pekanbaru, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 dan MIA 3 SMAN 15 Pekanbaru. Pada penelitian ini digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas secara Liliefors yang bertujuan untuk melihat normalitas data, sedangkan uji homogenitas bertujuan menguji kesamaan varians dan uji kesamaan rata-rata dengan menggunakan uji F dan uji-t. Uji hipotesis untuk meningkatkan self efficacy (keyakinan diri) dan hasil belajar dihitung dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t adalah thitung > ttabel yaitu 19,75 > 1,67, dapat disimpulkan model eliciting activities dapat meningkatkan self efficacy. Sedangkan korelasi antara self efficacy (keyakinan diri) dengan hasil belajar dihitung menggunakan uji product moment. Penerapan model eliciting activities dapat meningkatkan self efficacy (keyakinan diri) dan hasil belajar. Nilai korelasi (r) nya adalah 0,8079 > 0,392, dapat disimpulkan terdapat korelasi positif yang sangat kuat antara self efficacy (keyakinan diri) dan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...