Destinasi wisata Uma Lenggeàmerupakan warisan budaya masyarakat Bima yang memiliki nilai etnomatematika. Nilai etnomatematika tersebut belum banyakàdiaplikasikan dalam pembelajaran matematikaàdanàmengakibatkanàpembelajaran àmatematika diàsekolah belum dapat menampilkan konteks nyata yang berkaitan langsung dengan aktivitas sehari-hari siswa.àTujuan tulisanàini adalah untuk menganalisis beberapa bentuk geometri apa saja yang terdapat dalam struktur Uma Lenggeàtersebut agar nantinya dijadikan sebagai referensi bagi guru untuk menerapakan etnomatematika dari destinasi Uma Lenggeàdalam pembelajaran matematika di SD. Tulisanàini dilakukan denganàpenelitian deksriptif kualitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan wawancara. Hasil dokumentasi dan wawancara akan dianalisis secara kualitatif mulai dari reduksi data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian bahwa destinasi Uma Lengge memiliki nilai etnomatematika berbentuk geometri seperti: 1) trapesium sama kaki, 2) segititiga, 3) Persegi, 4) persegipanjang dan yang terakhir adalah 5) segitiga siku-siku.àEtnomatematika dari destinasiàUma Lenggeàdapat digunakan sebagai alat peraga dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar (SD) materi geometri/bangun datar dengan tujuan agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan karena bahan ajar Uma Lenggeàsudah dikenalàoleh siswa. Selain itu, siswa jugaàdapat mengenal lebih mendalam tentang destinasi Uma Lenggeàsebagai warisan budaya suku Bima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020