Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 2, No 2 (2019): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER

Yohanes Gunarwan (Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung)
F Rembulan (Pendidikan Matematika UIN RADEN INTAN Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui persentase  siswa kelas VIII yang mengalami kesulitan, (2) mengetahui penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan linier, (3) mengetahui cara mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linier. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Pagelaran Pringsewu dengan jumlah 72 siswa dan mengambil 30 siswa sebagai sampel penelitiannya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan : (1) siswa yang mampu menyelesaikan soal system persamaan linier sebanyak 62,99% dan yang mengalami kesulitan sebesar 37,01%, (2) penyebab siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linier yaitu diakibatkan : siswa tidak memahami konsep sistem persamaan linier dan menerapkan kedalam sebuah soal, siswa tidak teliti dalam mengerjakan setiap soal yang ada, (3) cara mengatasi kesulitan siswa yaitu : meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep sistem persamaan linier dengan memberikan penekanan pada saat menyampaikan materi, lebih banyak melakukan evaluasi berupa latihan-latihan pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, dan memberikan tugas rumah untuk mematangkan materi yang telah disampaikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...