JURMA : Jurnal Program Mahasiswa Kreatif
Vol 6 No 1 (2022): Juni 2022

PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI MELALUI BIMBEL DI KAMPUNG TARISI DESA BAGOANG KECAMATAN JASINGA KABUPATEN BOGOR

Livia Hati (Universitas Ibn Khaldun)
Chodidjah Makarim (Universitas Ibn Khaldun)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Dalam bidang pendidikan, tidak selamanya pendidikan di sekolah berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan ditambah siswa harus belajar secara online dimasa pandemi ini. Berbagai upaya untuk mengatasi problematika pendidikan dapat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat dibidang pendidikan dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar di rumah. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi akademik dan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini melibatkan siswa TPA, TK, SD dan MI yang berjumlah total 65 siswa. Metode pelaksanaan kegiatan secara deskriptif kualitatif. Teknik analisa data secara naratif deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan prestasi dan motivasi belajar siswa mengalami perkembangan yang baik. Sebab itu, perlunya perbaikan fasilitas dalam keberlanjutan pelaksanaan program kegiatan bimbingan belajar sehingga siswa lebih nyaman dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkm-p

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

PKM-P UIKA Bogor Journal is an electronic journal that publishes articles of Student Creativity Program (Program Kreativitas Mahasiswa) in the field of ...